Algoritma Koreksi

Masih dengan algoritma yang sama dengan sebelumnya, kini algoritma tersebut dilengkapi dengan indikator yang membedakan piksel edge dan bukan edge. Hasil filter Laplacian menunjukkan tingkat kecerahan piksel dan memiliki jangkauan nilai 0-1 (floating point). Besar indikator dapat diubah-ubah melalui nilai variabel.

Selanjutnya, untuk mengetahui kualitas gambar yang telah dikoreksi, gambar hasil koreksi dibandingkan dengan hasil pemrosesan MATLAB (dianggap ideal) melalui perhitungan nilai mean squared error (MSE) untuk nilai R, G, dan B. Perhitungan MSE dilakukan menggunakan MATLAB.

Hasil percobaan untuk gambar hasil stacking tanpa koreksi, nilai MSE adalah:
R: 21,7964
G: 13,8715
B: 11,4125

Hasil percobaan untuk indikator edge sangat kecil (o,196), nilai MSE adalah:
R: 23, 1814
G: 14,2923
B: 11,4454

Hasil percobaan untuk indikator edge sangat besar (mendekati 1), nilai MSE adalah:
R: 19,6788
G: 12,4897
B: 10,4644

Dapat dilihat bahwa algoritma ini sudah bisa menjalankan koreksi, namun performanya belum maksimal. Perbedaan nilai MSE sebelum dan sesudah koreksi sangat kecil, sedangkan untuk hasil yang sempurna MSE hendaknya bernilai mendekati 0. Secara kualitatif, masih banyak noise yang terlihat dari hasil percobaan algoritma koreksi ini.

Koreksi dengan indikator edge mendekati 1

Koreksi dengan indikator edge mendekati 1

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>