Eksperimen Algoritma Koreksi

Setelah dilakukan proses stacking, seringkali masih ditemukan noise atau piksel-piksel yang warnanya kurang tepat. Hal ini dapat disebabkan oleh noise yang ikut tersaring high-pass filter atau posisi objek yang berbeda di salah satu frame (akibat pergeseran posisi kamera, sehingga objek dalam beberapa frame tidak dalam satu alignment). Masalah ini dapat ditangani dengan proses koreksi.

Algoritma yang digunakan di sini tidak berbeda jauh dengan algoritma yang terdapat pada kode MATLAB, namun dimodifikasi agar keputusan koreksi menjadi lebih baik. Pada kode MATLAB, piksel yang diperbaiki akan diperiksa terlebih dahulu apakah terdeteksi sebagai edge. Jika terdeteksi edge, akan dilakukan seleksi ulang piksel paling tajam. Namun, jika piksel tidak terdeteksi sebagai edge, piksel tersebut akan mengambil 4 piksel tetangganya dan membandingkan piksel manakah yang paling tajam. Kemudian, piksel yang dikoreksi tersebut akan diganti dengan piksel dari sumber yang sama dengan piksel tetangganya yang paling tajam. Proses koreksi dimulai dari piksel yang dianggap paling tajam dan dilakukan dalam 4 tahap untuk 4 arah koreksi.

piksel yang diberi nomor sebagai perbandingan untuk koreksi

piksel yang diberi nomor sebagai perbandingan untuk koreksi

urutan algoritma koreksi awal

urutan algoritma koreksi awal

Pada algoritma yang telah dimodifikasi, piksel yang dibandingkan di sekitar piksel yang akan dikoreksi berjumlah 8, sedangkan arah koreksi berurutan dari piksel kiri atas hingga piksel kanan bawah.

piksel yang diberi nomor sebagai perbandingan untuk koreksi

piksel yang diberi nomor sebagai perbandingan untuk koreksi

Percobaan pertama tentu saja gagal, karena antara piksel yang termasuk edge dan yang tidak termasuk edge belum dibedakan. Noise tampak semakin banyak di percobaan pertama koreksi hasil stacking.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>